Kemah Gabungan MAN 1 Tapteng dan MAS NU Andam Dewi Sekaligus Pelantikan Tingkat Bantara Pramuka MAN 1Tapanuli Tengah

Kemah Gabungan MAN 1 Tapteng dan MAS NU Andam Dewi Sekaligus Pelantikan Tingkat Bantara Pramuka MAN 1Tapanuli Tengah

Perkemahan merupakan salah satu kegiatan wajib dalam berpramuka, kemah gabungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahim diantara dua gugus depan yaitu MAN 1 Tapteng dengan MAS NU Andam Dewi . Perkemahan ini diadakan pada Rabu 24 Maret sampai dengan Jumat 26 Maret 2021. Pada pukul 16.00 WIB acara dibuka dengan upacara pembukaan yang dibina langsung oleh Kamabigus yaitu kepala MAN 1 Tapteng, Bapak Irfan Pasaribu, S.Pd.I. setelah upacara dilanjutkan dengan ISOMA hingga sholat magrib berjama’ah, makan bersama, dan berlanjut sholat iaya berjama’ah.

upacara pembukaan kemah gabungan

Setelah sholat isya, masuk ke acara inti yang di pimpin oleh Pembina pramauka dengan rangkaian acara :

  1. Penampilan pentas seni pergugus (gugus depan MAN 1 Tapteng dan gugus depan MAS NU Andam Dewi)
  2. Pembagian sangga dengan cara penggabungan anggota MAS dan MAN menjadi 5 sangga
  3. Perlombaan pentas seni antar sangga

Acara happy dan pengakraban masing-masing sangga dengan acara bebas, penampilan bernyanyin atau stand up comedy bagi sangga yang bersedia. Acara berlangsung hingga pukul 24.45 WIB dengan keseruan yang mengubah kesunyian malam menjadi ceria. Kemudian Pembina mengambil alih menyampaikan pengumuman susunan acara untuk esok hari.

kegiatan dimalamm hari perkemahan gabungan Gugus Depan MAN 1 Tapteng dan Gugus Depan MAS NU Andam Dewi

Tepat pukul 04,30 persiapan sholat subuh hingga masak per sangga. Pukul 07.30 kegiatan senam pagi, 09.00 sampai 11.00 perlombaan pembuatan karya dari bahan bekas daur ulang di masing-masing sangga, hingga persiapan sholat juhur berjama’ah. Dilanjutkan secara otomatis dan mandiei masing-masing sangga mempersiapkan makan siang hingga kegiatan di sore hari pelombaan masak dengan tema masakan bebas dengan pemantauan juri. Persiapan bersih-bersih hingga sholat magrib seperti biasa melakukan sholat berjama’ah. Acara inti atau malam puncak perkemahan diselipkan acara upa-upa untuk PURNA MAN 1 Tapteng angkatan 2021. Hingga pukul 21.00 WIB peserta kemah gabungan kembali di bariskan dilapangan untuk lanjut mengikuti acara puncak dari penyampaian materi oleh Pembina baik itu Pembina MAN maupun Pembina MAS. Acara demi acara dilaksanakan hingga pukul 24.00 persiapan tidur. Kemudian di pukul 03.00 WIB acara api unggun yang ditunggu-tunggu pun tiba, keseruan, keharuan dan sampai acara renungan kesediahan di acara api unggun terbaur menjadi satu. Pukul 07.00 persiapan upacara penutupan kemah, dengan rangkaian acara sebagai berikut:

  1. Upacara penutupan kembali di tutup oleh Kamabigus MAN 1 Tapanuli Tengah
  2. Pengumunan hasil lomba (lomba masak, pentas seni dan karya daur ulang)
  3. Pelantikan Bantara Pramuka MAN 1 Tapanuli Tengah yang dilantik langsung oleh Kamabigus dan Pembina MAN 1 Tapanuli Tengah
  4. Diselipkan juga penyematan kacu bagi anggota baru Pramuka MAS NU dan MAN 1 Tapanuli Tengah
  5. Pembagian sertifikat pada peserta perkemahan
foto bersama setelah pembagian sertifikat
bimbingan dari KAMABIGUS
acara puncak api unggun di malam terakhir perkemahan
siraman adat oleh pembina setelah pelantikan

Leave a Reply

Next PostRead more articles